Jumat, Maret 04, 2011

Panduan Mendaftar di Blogger.com


Sekapur sirih mengenai blog. Blog adalah singkatan dari Web Log, dengan kata lain blog adalah suatu web yang bersifat pribadi (milik pribadi, bukan kelompok). Akan tetapi, dalam peraktek keseharian pengertian di atas menjadi sempit, karena sekarang selain digunakan oleh personal/ pribadi, tidak sedikit juga organisasi atau kelompok yang menggunakan blog, contoh: Google Analytics.

Sebelum kita memulai untuk mendaftar ke blogger.com, sebaiknya kita harus mengetahui apa manfaat dan kelebihan blogger.com. Manfaat dan Kelebihan yang dimiliki oleh blogger.com adalah sebagai berikut:


Nah, manfaat dan kelebihan Blogger.com dapat diringkas dengan 4 poin di atas. Tapi sejujurnya, si empunya blog pribadi sangat senang dengan poin ke-4 itu, Fleksibel. Dengan sifatnya yang fleksibel ini, kita bisa mengatur tata letak theme/ templet, gadget, dan sebagainya. Sehingga kita bisa memodifikasi blog kita sesuai dengan selera kita.

Ya sekapur dan dua kapur sirihnya telah selesai, kini kita bisa memulai langkah-langkah mendaftar di blogger.com:

1. Kunjungi halaman utama blogger.com.

2. Klik tombol "Buat Blog" yang berwarna kuning:
 3. Selanjutnya teman-teman akan di antar ke halaman registrasi seperti di bawah ini:
 Keterangan:

1. Isikan alamat email anda: Alamat email ini nanti akan anda gunakan untuk LogIn/ masuk ke akun Blogger anda.
2. Anda diminta untuk mengetik ulang alamat email yang telah anda ketik di kolom pertama tadi (poin1).
3. Isikan sebuah password: Ini digunakan untuk login ke akun blogger anda nanti.
4. Keti ulang sandi/ password anda yang tadi.
5. Nama tampilan Blog anda: Ini akan tampil pada bagian kiri atas browser anda, contoh untuk blog ini adalah: Tutorial Blog di Blogger | Belajar Membuat Blog | Ngeblog untuk Pemula dan Lanjutan, silahkan disesuaikan dengan tema tampilan blog anda.
6. Isikan Captcha/ Kode Verifikasi yang tertera pada gambar: di gambar atas tertera cownwoust, maka isikan kotak kosong di bawahnya dengan "cownwoust"
7. Centang kotak "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sehingga kotaknya terlihat seperti ini:
8. Klik tanda panah "Lanjutkan" untuk ke halaman registrasi ke-2 
4. Setelah anda meng-klik tanda panah "Lanjutkan", anda akan diantar ke halaman registrasi ke-2 seperti di bawah ini: 
Keterangan:



1. Tulis kembali judul blog yang anda pilih tadi, misalnya blog ini: Tutorial Blog di Blogger | Belajar Membuat Blog | Ngeblog untuk Pemula dan Lanjutan
2. Tulislah alamat blog anda, ini akan digunakan oleh anda dan orang lain untuk mengunjungi blog anda nantinya, contoh: http://t4belajarblogger.blogspot.com, yang diberi tanda merah itulah yang dimaksud. 
3. Untuk langkah terakhir di halaman ini, silahkan untuk mengklik tanda panah "Lanjutkan"
 5. Setelah anda meng-klik tanda panah "Lanjutkan", anda akan diantar ke halaman pemilihan templet untuk blog anda, apa itu templet? Agar lebih jelas anda bisa langsung melihat gambar di bawah ini: 
Keterangan:

1. Untuk memulai memilih templet, silahkan centang salah satu templet yang anda inginkan.
2. Agar templet yang tersedia dapat anda lihat-lihat (untuk memilih), anda bisa menggulung scrool yang telah ditandai dengan no.2
3. Klik tombol tanda panah "Lanjutkan", untuk mengakhiri halaman tersebut.
 6. Setelah anda meng-klik tanda panah "Lanjutkan", maka proses pembuatan blog anda pun telah selesai dengan munculnya halaman seperti di bawah ini: 
 Dengan begitu, sekarang blog anda telah jadi. Untuk memulai memosting/ menulis sesuatu di blog anda, silahkan untuk mengklik tanda panah "Mulai Blogging" ...dan anda akan dibawa ke halaman penge-post-an.........selanjutnya pergi ke halaman "panduan memosting di blogger.com" Klik di:
sini
Semoga Bermanfaat
Sumber : http://t4belajarblogger.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 QadryQade'
Theme by Yusuf Fikri