Senin, Juni 06, 2011

it's just a "Pencil" !!! what a wonderful tool ! ^^v

Halo.. Halo.. Halo...
Update baru lagi nih ^^v
"Sejenis NEW ENTRY-lah di bulan July... eh, Juni.... hheheh :P "

Teman-teman pernah liat iklan "PERMEN MINTz" ????

 
Iklan paling aneh klo saya bilang... ==' ?!@#@!~(/^0^)/ (Bukan maksudnya untuk menghina ^^v). Maksud ane, iklannya unik,,, kira-kira begini kata-katanya....

"Yang Ini Pensil,,, yang ini Permen Mintz"
~dari pada gigit pensil,,, lebih baik gigit permen Mintz~ 
"Jelek iklannya ???? Biarin !!!!
#Permen Enak... Permen Enak#

Klo mw lihat iklannya lebih jelas.... ^^v

http://www.youtube.com/watch?v=W6-3lyTLhXU&NR=1


Hhahhahah.... kira-kira begitu iklannya....
(Btw, gimana yah rasanya tuh permen ==' ??? ane ga' pernah makan.... hheheh)
tapi kali ini ane bukan mw nge-review permenNya ^^v....
Kali ini ane mw nge-share "Pensil" nya...
sebuah alat sederhana, tapi menakjubkan ^^v

~PENSIL~


~Sejarah~


Jaman dahulu, penggunaan timbal dan grafit sudah dimulai sejak zaman Yunani. Keduanya memberikan efek goresan abu-abu, walaupun grafit sedikit lebih hitam. Grafit sangat jarang dipakai hingga kemudian pada tahun 1564 ditemukan kandungan grafit murni dalam jumlah besar di Borrowdale, sebuah lembah di Lake District, Inggris bagian utara. Meskipun kelihatan seperti batu bara, mineral tersebut tidak dapat terbakar, dan meninggalkan bekas berwarna hitam mengilap, serta mudah dihapus di atas permukaan yang bisa ditulisi. Pada masa ini istilah grafit masih disalahartikan dengan timah, timah hitam, dan plumbago, artinya "seperti timah" mengingat sifatnya yang hampir sama. Karena itu istilah lead pencil (pensil timah) masih digunakan sampai sekarang. Karena teksturnya berminyak, bongkahan dibungkus dengan kulit domba atau potongan kecil timah berbentuktongkat dibebat dengan tali. Tidak seorang pun tahu siapa yang mula-mula mempunyai ide untuk memasukkan timah hitam ke dalam wadah kayu, tetapi pada tahun 1560-an, pensil yang primitif sudah sampai di benua Eropa.

Tak lama kemudian, timah hitam ditambang dan diekspor untuk memenuhi permintaan para seniman; dan pada abad ke-17, bisa dikatakan timah hitam telah digunakan di mana-mana. Pada waktu yang sama, para pembuat pensil bereksperimen dengan timah hitam untuk menghasilkan alat tulis yang lebih baik. Karena murni serta mudah diekstrak, timah hitam dari Borrowdale menjadi incaran pencuri dan pedagang gelap. Untuk mengatasinya, Parlemen Inggris mengeluarkan undang-undang pada tahun 1752 yang menetapkan bahwa pencuri timah hitam bisa dipenjarakan atau dibuang ke suatu koloni narapidana.

Namun pada tahun 1779, seorang ahli kimia Carl W. Scheele meneliti dan menyimpulkan bahwa grafit memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda dengan timbal. Grafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Akhirnya pada tahun 1789, ahli Geologi Jerman, Abraham G. Werner memberikan nama grafit, yang berasal dari perkataan Yunani graphein, yang berarti menulis. Jadi, isi pensil bukan timah.

Pensil di era modern dibuat dengan menghancurkan grafit murni dan tanah liat menjadi bentuk bubuk. Campuran ini kemudian diberi air, dianginkan, dan kemudian dibakar selama tiga hari. Kemudian isi pensil yang telah dicetak menjadi bentuk yang panjang dan tipis dilapisi dengan kayu halus.

Awalnya pensil lebih banyak dibuat dalam bentuk persegi karena keterbatasan mesin produksi. Namun di era modern, lebih banyak ditemui bentuk bulat yang lebih nyaman digenggam. Meskipun demikian, tetap banyak yang menggemari bentuk pensil bersudut karena memberi pegangan yang lebih kuat dan mudah dikontrol saat menulis.

Grafit


~Jenis Pensil~


Pensil dibedakan menurut komposisi . Huruf B menginformasikan ketebalan (boldness), yang berarti kandungan grafitnya lebih banyak. Sementara huruf H menginformasikan kekerasan komposisi leadnya, yang berarti kandungan tanah liatnya lebih banyak. Pensil dengan tanda F berarti komposisinya sangat tepat untuk diraut hingga keruncingan maksimal. Sementara angka di depan huruf memperlihatkan tingkat ketebalan atau kekerasan komposisi suatu pensil. Misalnya 2H akan lebih keras daripada H, atau 2B akan lebih lembut dan tebal dibandingkan B. HB berarti pensil memiliki kedua sifat keras dan tebal. 

mengapa ada pensil keras ada juga yang lembut?Jawabannya adalah tergantung campuran tanah liatnya. Semakin banyak campuran tanah liat, maka pensil pun semakin keras. Saat ini terdapat tak kurang 350 jenis pensil dengan fungsi yang berbeda-beda. Kegunaan pensil pun bermacam-macam, seperti pensil warna untuk menggambar, pensil lembut untuk menggambar bangunan, pensil khusus untuk kaca dan plastik. Bahkan seorang dokter bedah pun membutuhkan sebuah pensil khusus untuk menandai bagian tubuh yang akan dioperasi.
Jenis Pensil




Kira-Kira kaya' gini nih Pensil Jadul.... ^^v




Untuk Pensil yang sering kita temuin saat ini... ^^v



Bonus : Pensil Raksasa... ^^v


"Kalo yang ini sih namanya Gedung Pensil.... hhehehe ^^v"


Bonus : Pensil-Pensil Aneh... ^^v


Moss Pencil (Lucu..... Pasti geli klo dipegang... hheehe :P)


Touchpad Pencil (wah... hebat... tinggal nulis aja !!! ^^v)


Pre-Chewed Pencil (ini gunanya apa yak ??? bisa dikunyah mungkin... hhehe :P)


Clothespin Pencil (Kaya' Jangka... Simpel yah ???!!! ^^v)


Drumstick Pencil (sekalian bisa dipake' maen drum...^^v)


Mistakes Pencil (artinya apa yah ??? klo salah bisa ketahuan mungkin... hhehe)


Pensil Elastis (Bisa di gulung2 kaya' tali.... ^^v)


Pensil sekaligus anting-anting (wah,,,, ada2 aja !!! ^^v)


Pensil Emas (Wow... kira2 berapa yah harganya ????? ^^v)


Bonus : Patung Unik dari Pensil... ^^v











Gimana Kawan2,,, Pensilnya ????
Menarik bukan ????
Makanya... Jangan Remehin benda kecil di sekitar Qta...
Qta ga' tw klo benda itu ternyata banyak manfaatnya !!! ^^v
(Jangan Lupa Tinggalin Comment yah !!! ^^v)

Sumber :

4 komentar:

amPuzz mengatakan...

wah nice info sob . pensil jaman sekarang sudah pada canggih loo :D
btw ini seperti lagunya harvest moon ya sob :D
waaah, penggemar harvest moon juga ? :D

Brainless~ mengatakan...

wogh, aku mau pensil yg emas *mata bling-bling

trus yg pensil isi bulu2 gt gemana cara rautnya ya? hahaha

Avatar17 mengatakan...

@amPuzz
iyya,, hhihih... maenan ane ampe sekarang !!! hhohoh ^^v

@Brainless~
wahhh.. mw ?? tapi mahal mungkin... heheh
iyya yah.. ? hhaha (Mungkin ga' diraut... pake peluru mungkin.. hheheh)

_m.e.e_ mengatakan...

iklan yg paling aneh mmg si Mintz itu, dan entah mengapa perbandingan nya harus ke pensil..

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 QadryQade'
Theme by Yusuf Fikri