Sabtu, Oktober 29, 2011

KKN SMK Samate-Raja Ampat

Yak... Back Again.... ^^v
Kali ini mau ngeshare pengalaman KKN ane di pulau seberang selama seminggu... (Nah lho ???).. kok Seminggu ???..... yak.. cuman seminggu,,, ntar dijelasin dibelakang.. hehhehe...

(ket. gambar : 2 anak bergaya.... hahhaa)
Nah.. ini 2 dua orang pemuda yang penuh karismatik.... (*apa coba ?? hehehe) yang akan mencoba kerasnya hidup di pulau antah berantah (hehhee)... secara keseluruhan kita ber-6 (5 mahasiswa, 1 Dosen pembimbing)... yang nantinya akan ditempatkan di sekolah-sekolah SMK yang telah ditentukan... kebetulan saya dengan saudara Andi mendapat SMK Samate Kabupaten Raja Ampat.

(ket. gambar : Suasana kota sorong *mirip-mirip maros-lah) 
Selasa 08.00... Pesawat tiba di bandara Udara DEO (Domine Eduard Osok) kota sorong... Kita dijemput oleh salah satu keluarga teman (*orang pangkep) yang telah lama menetap di kota sorong. selama 2 hari kita tinggal di rumah beliau (keluarga teman), sambil menikmati kota sorong. sekalian mencari informasi tentang sekolah. hari ke-2 salah 1 teman sudah berangkat ke tempat tujuannya. dan di hari ke-3 *pagi hari, 2 teman (cewe' lho) dengan di dampingi dosen berangkat ke SMK tujuannnya... Letaknya cukup jauh lho ! 
Nah... yang tinggal sisa kami ber-2. kami pun menghubungi kepala sekolah SMK tujuan, kemudian beliau menyarankan kami untuk berangkat ke samate dengan perahu yang telah disediakan.
(ket. gambar : Alat transportasi Samate-Sorong)  
Nah... ini nih perahu yang dimaksud. hanya bekerja 2 hari dalam seminggu, yaitu tiap rabu dan sabtu. Berangkat dari samate jam 8 pagi, tiba di sorong pukul 10 pagi. dan meninggalkan kota sorang pukul 2 siang. Perahunya lumayan besar (4 kali lipatlah dengan perahu nelayan), bisa memuat hingga 30 orang.

 (ket. gambar : Dermaga Samate)  
setelah naik perahu selama kurang lebih 2 jam, akhirnya kita sampai di lokasi. kita disambut dengan warga setempat (utamanya para guru-guru SMK). dengan menaiki sepeda motor, berjalan kurang lebih 5 km, akhirnya sampai juga di lokasi sekolah.

 (ket. gambar : Warga Lokal... *saya merasa kulit saya yang paling putih saat itu.. hihih)
 
 (ket. gambar : Kampung Islam Samate, terletak 5 km dari lokasi sekolah, di daerah pesisir pantai)

 (ket. gambar : Mesjid yang terletak di kampung islam Samate)   
*ini mesjid hanya kita datangi sekali, pas sholat jum'at.... letaknya jauh klo jalan kaki... kurang lebih 2 jam.... 

 (ket. gambar : *lagi nyari ikan...)  
Mencari ikan alias nelayan adalah pekerjaan umum warga lokal. Harga ikan disini tergolong sangat murah. Ikan kakap yang gede saja' bisa dapat hanya 10rb-an. Tapi inilah kelemahannya, selain ikan sangat susah mencari makanan lain, tidak ada pasar yang terlihat, semua bahan harus dibeli di kota sorong dengan harga yang cukup mahal. Harga 1kg beras saja bisa samapai 20rb... ckckckc.

 (ket. gambar : *Papan Sekolah SMK Negeri 1 Raja Ampat)  
Ini dia SMK tujuan kami, sekolah yang bisa dibilang masih muda *didirikan tahun 2008. dengan fasilitas yang cukup lengkap

 (ket. gambar : *Gedung Kantor, dan lapangan upacara SMK Negeri 1 Raja Ampat)
Karena tergolong masih muda, sekolah ini masih memiliki bangunan yang masih baru.

 (ket. gambar : *Pelayanan Internet Samate-Papua)
Yang ini juga menjadi salah satu fasilitas yang ada di SMK... *Alhamdulillah yah ? modern juga yah ? hehehe ^^v. Untuk siswa, gratis klo ingin maen internet, untuk warga akan dikenakan tarif.

 (ket. gambar : *Suasana kelas SMK 1 raja Ampat)
walaupun tergolong baru, media yang digunakan masih konvensional (*papan tulis dan kapur), namun ini tidak mengubah minat belajar siswa-siswi setempat.

 nah.... itu dia pengalaman ane selama disana yang cuman seminggu, alasannya karena saya kena gejala "Malaria".. hiks... hiks... dan juga perlu diketahui, "Saya tidak makan ikan" jadi susah hidup disana.. hihihih :p... akhirnya saya pulang kembali ke makassar sendiri, sementara saudara Andi masih bertahan hidup disana, berdua dengan Kak Arhan (*yang gantikan saya).

 BONUS




"Blogger yang pintar, selalu nulis comment... ^^v

3 komentar:

Nonni Shetya mengatakan...

itu fasilitas sekolahnya kaya gitu ? yaampuuuun sedih deeeh

pelukis malam mengatakan...

hm.... sayang nya cuma seminggu... it means that QADRY TIDAK BISA SURVIVE...!!!!! :P

Anonim mengatakan...

wah masjidnya di ujung dunia tuh,,,, jauh amat

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 QadryQade'
Theme by Yusuf Fikri