Kamis, November 10, 2011

Puntondo "Bermain sambil Belajar

"Kak Churest, kak Hamsa, mauki' Kemana ???
Mw dulu ke Puntondo de'...
Mauki bikin apa disana ?
Anak "09" mau Praktikum Zoologi Invertebra, jadi disana kita' Booking de'...
Ooooo....

Ilustrasi diatas menggunakan "Bahasa / Logat Sulawesi"...
Kosa Kata : (~. mauki' : "ki' sama halnya dengan penekanan "kah")

 Mengingat tentang Puntondo, saya kembali mengingat pengalaman ane 2 tahun yang lalu... (Waktu tu saya masih lucu-lucunya Gan.. hhhihih). Puntondo, salah satu kekayaan nusantara. Sama halnya dengan wisata laut lainnya, Puntondo menampilkan objek laut dengan penuh keaneragaman organisme, selain berwisata, pengunjung juga dapat memperoleh pengetahuan, khususnya tentang organisme-organisme laut (Cie..cie.. Bahasanya tingkat tinggi.. hahahah)...

Nih dia Lokasinya gan !!!




Puntondo adalah sebuah dusun di Kabupaten Takalar, Sulsel, di mana berdiri kompleks pusat pelatihan lingkungan hidup (PPLH) dengan beberapa rumah panggung perpaduan arsitektur Makassar, Jawa dan Jerman. Letaknya di ujung kampung nelayan pada sebuah tanjung di dalam teluk. Nah… Salah Satu Unit Usaha Yang Ngejalanin Aktifitas di sana Adalah PPLH-PUNTONDO.

PPLH merupakan lembaga Non Pemerintah yang bergerak di bidang Pendidikan Lingkungan Hidup Non Formal, yang secara legal berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo (YPLHP). Terbentuknya PPLH di Sulawesi Selatan dilatarbelakangi oleh rasa kepedulian terhadap kerusakan lingkungan yang terjadi begitu cepat dan keberadaannya tidak lepas dari peran serta dan dukungan masyarakat, LSM, Universitas, sekolah-sekolah, pemerintah dan individu.

Logo PPLH

Lokasi PPLH Puntondo seluas 4 ha. lebih berada di pinggir laut. Area tersebut didesain sedemikian rupa sehingga menjadi tempat media pendidikan lingkungan hidup dan setiap orang bisa melihat sendiri bagaimana contoh-contoh penerapan pengelolaan lingkungan yang sederhana dan praktis. PPLH Puntondo memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran, didukung oleh ekosistem laut dan darat Puntondo yang cukup lengkap dan unik. Bagi siapa saja yang berkunjung ke PPLH Puntondo tidak diperbolehkan merusak habitat, ataupun biota yang ada. Jadi lebih ditekankan pada penghargaan terhadap makhluk hidup. 

Sebagai sarana penunjang kegiatan pendidikan lingkungan hidup, di PPLH Puntondo disediakan beberapa fasilitas antara lain:

Pendopo
Berfungsi sebagai tempat menerima tamu ataupun bersantai setelah berprogram. Tim PPLH Puntondo akan menemani Anda dalam mendapatkan berbagai informasi tentang lingkungan hidup . Di pendopo juga Anda dapat membaca majalah dinding (mading) PPLH Puntondo yang berisikan foto-foto dan tips-tips lingkungan.





Perpustakaan
Memiliki berbagai macam koleksi buku tentang topik lingkungan hidup maupun topik umum. Juga tersedia kliping, majalah, leaflet , brosur dan lain-lain. Suasana yang tenang didukung oleh kicauan burung dan suara ombak yang terdengar sayup-sayup membuat suasana membaca Anda lebih nyaman. Perpustakaan kami dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat tanpa terkecuali untuk menambah ilmu dan pengetahuan, juga sebagai bahan referensi untuk mendukung program kami.


"Lagi Serius Baca... Alias Karena mau difoto.. hahaha"

Ruang seminar
Ruang ini didesain sedemikian rupa sehingga peserta merasakan suasana nyaman, hidup serta tidak memerlukan bantuan peralatan audio untuk memperkeras suara. Ruangan ini khusus untuk lokakarya, seminar, diskusi atau pertemuan lainnya dengan daya tampung ideal 80 orang. 


Suasana Pertemuan di ruang seminar
 Asrama
Terdiri dari bangunan kembar berdaya tampung 32 orang dengan harga yang relatif murah. Asrama laki-laki (16 orang) dan asrama perempuan (16 orang). Dilengkapi dengan kamar mandi yang unik, sambil mandi bisa melihat alam terbuka dan merasakan angin sepoi-sepoi.




Bungalo
Terdapat 6 bungalo. Dua bungalo masing-masing 4 orang lengkap dengan handuk dan sabun mandi. Empat bungalo maksimal 8 orang. Setiap bungalo ada kamar mandi yang didesain sedemikian rupa sehingga mencerminkan kamar mandi yang ramah lingkungan. Sambil mandi pun bisa memandang bunga-bunga, langit yang biru, dan mendengar kicauan burung.  Suasana alam yang damai dan tenang akan membuat Anda terkesan dan akan terkenang sepanjang masa.




Restoran
Menyajikan berbagai menu tradisional maupun umum yang sebagian masakannya hasil dari kebun sayur PPLH Puntondo yang ditanam secara ekologis.  Seperti halnya restoran pesisir lainnya, Restoran PPLH juga menyediakan beragam pilihan menu seafood. Hal yang membedakan dengan restoran pada umumnya adalah Anda menikmati makanan ekologis yang tentunya lebih sehat untuk tubuh karena dimasak tanpa zat kimia tambahan antara lain : penyedap, pewarna, pengawet dan pemanis buatan. Arsitektur restoran yang unik didukung pemandangan Teluk Laikang yang indah akan menemani waktu bersantap anda lebih berkesan Restoran PPLH juga memfasilitasi tamu yang hanya sekedar datang untuk menikmati masakan khas PPLH dengan harga yang relatif terjangkau semua kalangan (Rp 17.000 – Rp.25.000).




 Nah.. bagi kawan-kawan yang ingin ke sana...
Angkutan Umum:
Dari Bandara Hasanuddin:
- Naik pete-pete: Jurusan terminal Daya - Pete-pete jurusan terminal Sentral - Terminal
Sungguminasa - naik pete-pete jurusan Mangadu
- Naik Ojek ke Puntondo.
Atau:
Naik taxi langsung ke Terminal Sungguminasa - sambung pete-pete jurusan Mangadu - Dari Mangadu naik ojek ke Puntondo
Dari Pelabuhan di Makassar:
Naik pete-pete jurusan terminal Sentral/becak ke Sentral - dari Sentral ke Terminal Sungguminasa dan ikuti jalur di atas.
Naik kendaraan pribadi:
Dari Makassar: lewat Sungguminasa, Takalar dan Topijawa ke Cikuang. Dari Cikuang ke desa Laikang dan terus ke dusun Puntondo.
Puntondo sekitar 60 km dari Makassar.

BONUS

Foto Kenangan.... *hahahha












Sumber :
www.kaskus.us
www.google.co.id
http://pplhpuntondo.org/

1 komentar:

Ummul Hasanah mengatakan...

ralat.... bukan anak 09 yg pergi.... anak 2010 ji....
anak 2009 nd jdi thun lalu... hiks....

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 QadryQade'
Theme by Yusuf Fikri