Rabu, Juli 17, 2013

Cerita dibalik Ramadhan...







Assalamu Alaikum Kawen-Kawen...

Kawen-kawen bagemana kabar pula tuh ? Mudah-mudahan sihat-sihat selalu... (bahasanya berubah karena efek nonton upin-ipin tadi.. hhehe). Puji syukur Alhamdulillah, kita masih diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat bertemu di bulan yang penuh mubarakah ini, bulan yang penuh hikmah, yaitu bulan ramadhan. Guna menjalankan salah satu kewajiban kita yakni berpuasa. (tiba-tiba ngomongnya jadi kaya' ustads) hehe.

Yah, Alhamdulillah sekali lagi kita berada di bulan yang penuh berkah ini. Tentunya bulan yang sangat di tunggu-tunggu bagi seluruh ummat muslim. Mulai dari bocah yang ingusnya masih tercecer-cecer hingga kakek-nenek yang sudah berumur. Kutub utara sampai kutub selatan, orang amerika, orang jepang, orang indonesia, orang papua, orang je'neponto, dari sabang sampai merauke, semua sangat bergembira dengan datangnya bulan ramadhan.

Namanya juga bulan berkah, setiap kegiatan yang dilakukan selama bulan ramadhan, InsyaAllah akan dinilai ibadah, jika perbuatannya ke arah yang positif tentunya. Setiap insan akan mencoba melakukan aktivitas yang bernilai ibadah, menjalankan sunnah-sunnah yang tentunya amalannya akan dilipat gandakan di bulan puasa. Tarwih tiap malam, tadarrus tiap hari, sholat sunnah dhuha, tahajjud, dan sebagainya, merupakan amalan-amalan yang sangat dianjurkan dan sangat berpahala di bulan ramadhan. Bahkan, tidur di bulan ramadhan pun akan dinilai ibadah.



Yak.... Kembali ke judul...
Cerita dibulan puasa, tentu akan sedikit berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Tentu sedikit berbedanya ini akan beda pula tiap individunya. Salah satu cerita yang perlu diperhatikan adalah, "mungkin" ada sebagian dari kita yang tiba-tiba mendadak alim. tiba-tiba pakai kopiah tiap hari, tiba-tiba ngomongnya kaya' ustads tiap hari, tiba-tiba ibadahnya yang kelewatan tiap hari. Pokoknya, semua tingkah lakunya, perbuatannya, tutur katanya berubah di bulan puasa ini. Tentunya, tidak ada yang salah dengan itu. Bahkan kita patut mencontohnya, kita patut berusaha agar seperti dengan dia. Tapi... mirisnya adalah, itu hanya dilakukan di bulan ramadhan saja. Ketika lepas dari bulan ramadhan, akan kembali dengan kemaksiatannya seperti dahulu kala. Astagfirullah.

Cerita yang lain lagi...
Saya heran dengan orang yang sangat kuat berpuasa. Bangun sahur dan niat menahan dahaga dan lapar mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari, sangat kuat menahannya. Selalu datang sholat tarwih tiap malam, tidak pernah terlewatkan. Terus Apa Yang Ganjil ?. Lucunya adalah mereka hanya berpuasa to' ! mereka hanya tarawih to'! tanpa melakukan ibadah-ibadah wajib lainnya. tidak tadarusan tiap hari, tidak sholat wajib 5 waktu, yang hari-hari di luar bulan puasa saja susah melakukannya apalagi di bulan ramadhan. Nauudzubillah.

Cerita yang lain lagi...
Beda usia, beda pula cara jalanin aktivitas. Ini adalah indikator yang sangat menonjol di bulan puasa ini. Anak-anak, dewasa, remaja, orang tua, memiliki ciri khas tersendiri dalam menanggapi dan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.   
  • Anak-anak, tentunya sangat senang dengan datangnya bulan puasa, karena selain liburan panjang, banyak makanan dan kue yang tersebar di bulan ramadhan. Kue Donat, Jalangkote, kue bolu, resoles, panada, rok'-roko' unti, barongko, pokoknya semua kue yang sangat digemari oleh anak-anak, berhamburan dimesjid sebagai hidangan ta'jil untuk berbuka puasa. yah, walaupun terkadang tidak semua anak-anak berpuasa full, tapi semangat mereka untuk ke mesjid berbuka puasa patut kita jempol. Main petasan, main monopoli, semua permainan yang jarang dilakukan di luar ramadhan menjadi rutinitas wajib yang dilakukan anak-anak di bulan ramadhan. Yah.. namanya juga anak-anak.
  • Remaja, juga senang dengan datangnya bulan puasa. Sebagian remaja akan sangat senang dengan bulan ramadhan karena banyak pahala yang bisa diraih, rajin ibadah tiap hari itu karena mereka sudah dewasa. Tapi, sebagian pula remaja yang menyalah artikan bulan ramadhan. Ada yang lucu dengan para remaja ini, seperti cerita satu yang diatas, kuat nahan puasanya, tapi gak kuat nahan nafsunya. Seperti yang terjadi di sekitar kehidupan saya yang mungkin gak jauh beda dengan kehidupan lainnya. Para anak muda itu senangnya keluyuran di bulan ramadhan. Jalan-jalan subuh dengan pacarnya. Pacaran di saat tarwih, maen PS, maen facebook berjam-jam tapi tidak sholat dan mengaji. Sungguh sangat merugi mereka. 
  • terus yang terakhir dari kalangan Orang tua, beda pula senangnya mereka dengan datangnya bulan puasa. Kesenangan merekalah yang patut kita contoh, mereka senang karena dipertemukan dengan bulan suci ramadhan, menganggap itu adalah ramadhan terakhir mereka, jadi berusaha untuk melakukan ibadah-ibadah secara maksimal. Itulah yang harus kita contoh !.
Itulah mungkin beberapa cerita dibalik ramadhan"ku"... bagaimana dengan cerita ramadhan kalian ? ^^. 

Sedikit nasihat untuk kita sebelum mengakhiri tulisan saya...
Kita sebagai remaja, atau sebagai anak muda, atau sebagai manusia, tidak dilarang melakukan aktivitas-aktivitas atau rutinitas kehidupan dunia di bulan puasa. Kita tidak dilarang bekerja mencari nafkah di bulan puasa. Kita tidak dilarang berorganisasi atau nongkrong di bulan puasa. Kita tidak dilarang bermain game, tidak dilarang maen facebook atau twitter, tidak dilarang jalan-jalan subuh, tidak dilarang mencari makanan yang enak. Namun, hendaknya kita juga memperhatikan ibadah kita, memperhatikan aqidah kita apakah sudah sesuai dengan syariat atau tidak, tidak melupakan ibadah wajib, dan selalu berusaha melaksanakan amalan-amalan sunnah. Dunia kita genggam, akhirat tetap dihati kita, InsyaAllah ^^v.


Selamat Berpuasa kawan-kawan.. Maaf kalau ada kata yang menyinggung ^^v. tetap semangat puasanya, tetap semangat menjalankan ibadahnya, tetap semangat menjalankan rutinitasnya, hingga kita semua meraih kemenangan. InsyaAllah.




2 komentar:

nuralmarwah mengatakan...

orang je'ne ponto yah? haha Je'neponto ji yang disebut >.< hahaha

Avatar17 mengatakan...

hahhaha.. itu random mbak nunu , tiba2 kepikiran je'neponto.. hhoho :P

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 QadryQade'
Theme by Yusuf Fikri