Selasa, Juli 19, 2016

PAUD AS-SHAFA - Sebuah impian besar keluarga :')

Selamat Datang Murid Baru :)


Senin, 18 Juli 2016, pukul 07.30 Waktu Indonesia Bagian Makassar.

Hari dimana rumah kami kembali ramai dengan suara anak-anak kecil yang siap menyongsong masa depan yang cerah di bawah naungan agama Islam. Setelah 1 bulan lebih (hampir 2 bulan) anak-anak PAUD As-Shafa libur dikarenakan jadwal puasa bulan Ramadhan, kini mereka siap untuk kembali menerima pelajaran di sekolah.


Meja Pendaftaran Murid Baru
Namun, hari ini adalah hari spesial, sesuai dengan peraturan pemerintah yang tertera dalam kalender pendidikan, maka PAUD As-Shafa pun memiliki jadwal baru begitupun dengan jadwal penerimaan anak didik baru. Oleh karenanya, sejak pagi tadi PAUD kami kembali membuka pendaftaran anak didik periode 2016-2017, dan alhamdulillah dalam waktu 2 jam lebih, kuota 40 orang anak langsung hampir terpenuhi.




Anak-anak baru PAUD As-shafa

Yah, inilah PAUD As-Shafa. Sekolah yang didirikan oleh hasil musyawarah keluarga kami, dengan langsung dibimbing oleh ibu saya sekaligus menjabat sebagai ketua yayasan. Paud As-Shafa merupakan sebuah cita-cita besar dan keinginan ibu saya untuk meramaikan rumah kecil kami dengan aktivitas yang berkenaan dengan Qur'an dan Sunnah.

Alhamdulillah, sejak 2013, awal didirikannya PAUD As-Shafa, kini telah berumur lebih dari 3 tahun, PAUD As-Shafa telah meluluskan hingga 100 lebih anak sholeh dan sholehah dengan kemampuan yang tidak hanya unggul dalam akademik namun juga memiliki potensi sebagai penghafal Al-Qur'an. Bagaimana tidak, anak yang baru berumur 2 tahun hingga 3 tahun, selama bersekolah di PAUD As-Shafa sudah dapat menghafal Al-Qur'an jus 30 bahkan ada yang mampu hingga jus 29. MasyaAllah.


Media Pembelajaran Konvensional

Perjalanan PAUD As-Shafa.

Bisa di bilang PAUD As-Shafa ini adalah sebahagian dari rumah syurga kami. Hampir 1/2 dari luas wilayah rumah  kami yang berukuran 9x10 meter, digunakan sebagai ruangan PAUD As-Shafa, yang juga menjadi hambatan dari tahun ke tahun beriringan dengan jumlah peminat orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di PAUD As-Shafa ini.


Ruang Belajar Paud As-Shafa

Sejak 28 Januari  2013, PAUD As-Shafa awalnya hanya menerima 15 orang anak didik sebagai pengenalan ataupun ujicoba, yang langsung diajar oleh ibu dan dibantu oleh 1 orang guru (ustadzah) kenalan ibu. Hingga berjalan Juli 2013, kami pun membuka kembali sebagai tahun ajaran baru, yang alhamdulillah sebanyak 20 anak (sebagian anak berasal dari awal) siap menerima pelajaran di PAUD As-Shafa di periode tersebut.

Di bulan Juli tahun 2014, setelah menamatkan 20 orang anak didik di periode awal, kembali lagi kami membuka pendaftaran. Dan sekali lagi alhamdulillah kuota 20 orang terpenuhi. Malah, di tahun ini, jumlah anak didik bertambah hingga 30 anak dikarenakan banyaknya peminat. Hal ini tentunya kendala bagi kami, dikarenakan tempat ataupun ruangan yang kami gunakan sama sekali tidak berubah berbanding terbalik dengan jumlah anak didik yang bertambah. Untuk mengatasi hal ini, maka jumlah pengajar nya pun ditambah hingga menjadi 3 orang (tidak termasuk ibu saya). Selain itu, media pembelajarannya pun bertambah, berupa sebuah TV yang dapat digunakan para ustadzah untuk memberikan tontonan pelajaran bagi murid.


Ruang belajar - Media TV Pembelajaran

Di tahun 2015, lagi-lagi alhamdulillah jumlah peminat mencapai 40 orang. Ada yang berbeda di tahun ini. Dengan bantuan keluarga Pak Yusuf, alhamdulillah kelas PAUD As-Shafa bertambah 1 ruangan, yang terletak di rumah beliau, yang langsung bersebrangan dengan rumah kami. Sungguh kami sangat bersyukur atas keikhlasan keluarga Pak Yusuf untuk mengizinkan menggunakan salah 1 ruangan di rumah beliau sebagai tambahan kelas untuk mengatasi banyaknya anak didik.

Begitupun kembali di tahun 2016 ini, PAUD As-Shafa hanya menerima 40 anak didik, walaupun hingga hari ini (Selasa, 19 Juli 2016) masih banyak orang tua murid yang ingin mendaftarkan anaknya. Tapi apa daya, kami harus membatasi jumlah pendaftar untuk 40 orang anak.


Wahana Bermain PAUD As-Shafa


Impian besar PAUD AS-SHAFA

Yah, mungkin sebuah impian besar ataupun cita-cita ibu kami, pun sekaligus impian kami sekeluarga, yaitu ingin sekali rasanya memperbesar rumah kami agar dapat menjadi tambahan kelas belajar bagi anak-anak penerus bangsa dan agama,bagi anak-anak berakhlak yang nantinya bisa bermanfaat bagi keluarganya, serta anak-anak cerdas bukan hanya ilmu dunia, namun juga ilmu akhirat.

Saya sendiri pribadi ingin mewujudkan impian ibu dan keluarga saya. Walau selama ini saya tidak dapat memberikan kontribusi langsung dalam perkembangan PAUD As-Shafa ini, selain sebagai pemberi ide ataupun membantu dalam manajemen kepengurusan (Yah.. sekali-kali bantu bersihkan kelas kalau kebetulan saya di rumah hehe), ingin sekali rasanya turut pula mengambil bagian langsung dengan berupaya memberikan yang terbaik bagi PAUD As-Shafa ini.

Yah, insyaAllah paling tidak, ketika saya punya istri (eccieee..uhuk), dia bisa turut mengajar dan membantu para ustadzah lainnya. (bukan #QodeKeras.. haha).

5 komentar:

ummul hasanah mengatakan...

Keren kk...

ummul hasanah mengatakan...

Keren kk...

Sahrullah Mansur mengatakan...

Saya Aminkan yang paragraph terakhir.

obat sakit tenggorokan mengatakan...

tidak semua orang dapat berjuang mendidik anak orang lain dengan ikhlas seperti ini...

Nadratul Syazwana mengatakan...

Alhamdulillah. Happy for them :)

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 QadryQade'
Theme by Yusuf Fikri